United States Of America Pointer

24.4.14

Staff

Manajer adalah orang yang mengepalai beberapa orang sebagai rekan setimnya untuk mengerjakan proyek-proyek perusahaan dan mencapai target yang ditetapkan. Seorang manajer dituntut harus bisa menentukan dan menyuarakan tujuan serta visi dari tim yang dipimpinnya kepada seluruh anggota tim. Manajer pun juga harus mengawasi aktivitas dan kinerja rekan-rekan timnya.

Read more at: http://ciricara.com/2012/12/12/ciricara-5-cara-menjadi-manajer-yang-bertanggung-jawab/
Copyright © CiriCara.com
Manajer adalah orang yang mengepalai beberapa orang sebagai rekan setimnya untuk mengerjakan proyek-proyek perusahaan dan mencapai target yang ditetapkan. Seorang manajer dituntut harus bisa menentukan dan menyuarakan tujuan serta visi dari tim yang dipimpinnya kepada seluruh anggota tim. Manajer pun juga harus mengawasi aktivitas dan kinerja rekan-rekan timnya.

Read more at: http://ciricara.com/2012/12/12/ciricara-5-cara-menjadi-manajer-yang-bertanggung-jawab/
Copyright © CiriCara.com
Manajer adalah orang yang mengepalai beberapa orang sebagai rekan setimnya untuk mengerjakan proyek-proyek perusahaan dan mencapai target yang ditetapkan. Seorang manajer dituntut harus bisa menentukan dan menyuarakan tujuan serta visi dari tim yang dipimpinnya kepada seluruh anggota tim. Manajer pun juga harus mengawasi aktivitas dan kinerja rekan-rekan timnya.

Read more at: http://ciricara.com/2012/12/12/ciricara-5-cara-menjadi-manajer-yang-bertanggung-jawab/
Copyright © CiriCara.com
Manajer adalah orang yang mengepalai beberapa orang sebagai rekan setimnya untuk mengerjakan proyek-proyek perusahaan dan mencapai target yang ditetapkan. Seorang manajer dituntut harus bisa menentukan dan menyuarakan tujuan serta visi dari tim yang dipimpinnya kepada seluruh anggota tim. Manajer pun juga harus mengawasi aktivitas dan kinerja rekan-rekan timnya.

Read more at: http://ciricara.com/2012/12/12/ciricara-5-cara-menjadi-manajer-yang-bertanggung-jawab/
Copyright © CiriCara.com
Manajer adalah orang yang mengepalai beberapa orang sebagai rekan setimnya untuk mengerjakan proyek-proyek perusahaan dan mencapai target yang ditetapkan. Seorang manajer dituntut harus bisa menentukan dan menyuarakan tujuan serta visi dari tim yang dipimpinnya kepada seluruh anggota tim. Manajer pun juga harus mengawasi aktivitas dan kinerja rekan-rekan timnya.

Read more at: http://ciricara.com/2012/12/12/ciricara-5-cara-menjadi-manajer-yang-bertanggung-jawab/
Copyright © CiriCara.com
Manajer adalah orang yang mengepalai beberapa orang sebagai rekan setimnya untuk mengerjakan proyek-proyek perusahaan dan mencapai target yang ditetapkan. Seorang manajer dituntut harus bisa menentukan dan menyuarakan tujuan serta visi dari tim yang dipimpinnya kepada seluruh anggota tim. Manajer pun juga harus mengawasi aktivitas dan kinerja rekan-rekan timnya.

Read more at: http://ciricara.com/2012/12/12/ciricara-5-cara-menjadi-manajer-yang-bertanggung-jawab/
Copyright © CiriCara.com
Manajer adalah orang yang mengepalai beberapa orang sebagai rekan setimnya untuk mengerjakan proyek-proyek perusahaan dan mencapai target yang ditetapkan. Seorang manajer dituntut harus bisa menentukan dan menyuarakan tujuan serta visi dari tim yang dipimpinnya kepada seluruh anggota tim. Manajer pun juga harus mengawasi aktivitas dan kinerja rekan-rekan timnya.

Read more at: http://ciricara.com/2012/12/12/ciricara-5-cara-menjadi-manajer-yang-bertanggung-jawab/
Copyright © CiriCara.com
Manajer adalah orang yang mengepalai beberapa orang sebagai rekan setimnya untuk mengerjakan proyek - proyek perusahaan dan mencapai target yang ditetapkan. Seorang manajer dituntut untuk harus bisamenentukan dan menyuarakan tujuan serta visi dari tim yang dipimpinya kepada seluruh anggota tim. Manajer pun juga harus mengawasi aktivitas dan kinerja rekan - rekan timnya. 

Manajer Proyek (Project Manager) adalah seseorang yang brtindak sebagai pimpinan dalam suatu proyek. PM ini sangat berperan penting dalam adanya suatu proyek, karena kegagalan dan keberhasilan dari proyek tersebut di tentukan oleh PM itu sendiri.

Untuk menjadi seorang PM yang baik diperlukan beberapa kriteria khusus agar proyek berhasil dengan baik. Kriteria tersebut dilihat dari berapa sisi diantaranya :

  • Karakter dari Kepribadinya
  • Karakteristik dari Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
  • Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin

Kriteria Manajer yang Baik dan Efektif
  1. Inovasi dan Menjaga Stabilitas
  2. Menetapkan gambaran dan terlibat langsung di lapangan
  3. Mendorong individu tetapi juga menekan tim
  4. Campur tangan atau tidak
  5. Fleksibel tapi ketat
  6. Loyalitas tim dan loyalitas organisasi
Kontradiksi ini memerlukan kecakapan khusus bagi manajer proyek untuk mengambil posisi mereka dan menempatkan keputusan sesuai dengan keadaan. Terpaku pada suatu prinsip yang ketat tidak akan menyelesaikan masalah, karena manajer proyek tidak bekerja sendiri. Dalam buku yang sama Grey&Larson (2006) juga menggambarkan ciri-ciri dari seorang manajer proyek yang efektif. Diantaranya adalah:
  • Pemikir Sistem, kemampuan dalam berpikir untuk mengelola interaksi antar komponen dan sumber daya proyek yang berbeda-beda, karena tidak bisa dikatakan efektif apabila penyelesaian masalah hanya secara parsial. Hal ini akan mempersulit sang manajer untuk mengambil keputusan.
  • Integritas Pribadi, membangun dan meningkatkan kemampuan diri menjadi sangat penting dilakukan terlebih dahulu sebelum meningkatkan kemampuan anggota tim.
  • Proaktif, bedakan dengan reaktif. Para manajer proyek dituntut tidak hanya akan melihat peristiwa yang telah terjadi (reaktif), akan tetapi juga selalu meneropong masa depan dan berjuang keras menemukan masa depan proyek (Kartajaya, 2003)
  • Toleransi yang tinggi terhadap Stress, mengingat proyek merupakan hal yang rumit dan kompleks, pasti akan menimbulkan tekanan terhadap orang yang bebankan tanggungjawab kepadanya. Manajer proyek harus mampu mengelola kondisi psikologis mereka agar dapat bertahan dalam tekanan.
  • Perspektif Bisnis Umum, seorang manajer proyek harus memahami dasar-dasar bisnis dari disiplin teknis yang berbeda-beda sebagai kerja antar fungsional.
  • Komunikator yang baik, telah dijelaskan sebelumnya.
  • Manajemen waktu yang efektif, telah dijelaskan sebelumnya.
  • Politikus Mahir, strategi dalam menghadapi banyak orang dan mendapatkan dukungan dari semua pihak merupakan cirri penting manajer proyek yang sukses.
  • Optimis, Slater (1999) dalam bukunya Saving Big Blue mengatakan “Anda dalam kesulitan Besar jika Menganggap anda Sudah Selesai”. Maksud dari kata-kata ini ialah, masalah-masalah yang sudah diselesaikan tidak bisa kita lepas begitu saja, karena pada nantinya kan bermunculan masalah-masalah baru di dalam pelaksanaan proyek. Kepercayaan diri terhadap proyek, mampu membuat seorang manajer proyek melakukan inovasi dan mengubah strategi proyek ke arah yang lebih baik tanpa meninggalkan perencanaan yang telah ditetapkan.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar